Analisis Tantangan Dan Peluang Bisnis Rangginang Di Kecamatan Ciparay
Abstract
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tantangan dan peluang bisnis produsen rangginang di Ciparay.
Desain/Metode_ Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan mengambil data melalui kuesioner
Temuan_ Peluang bisnis rangginang ialah pasokan bahan baku yang tersedia secara melimpah, keberlanjutan pasokan bahan baku tidak akan terhenti, harga bahan baku relative stabil, daerah pemasaran tidak terbatas,makanan rangginang
disukai oleh semua kalangan,harga rangginang terjangkau, rangginang dapat dijadikan buah tangan khas,makanan rangginang tahan lama. Dan ancaman bisnis rangginang ialah tidak adanya bahan baku pengganti,makanan sejenis banyak
dipasar,rangginang sulit dijual di toko/outlet modern, tidak adanya bantuan pembinaan, permodalan, pembukaan jaringan pemasaran serta teknologi pengolahan dari pemerintah.
Implikasi_Sebaiknya pemerintah khususnya pemerintah daerah kabupaten Bandung hendaknya memberikan perhatian terhadap pengembangan UMKM di Ciparay tepatnya dikampung Cikoneng. Jika usaha tersebut mampu berkembang
dengan baik, maka akan menjadi meningkatkan PAD bagi pemerintah setempat, disamping itu mampu menyerap tenaga kerja.
Originalitas_ materi yang diangkat dalam penelitian ini hasil dari jurnal ilmiah dan penelitian dilakukan langsung oleh peneliti secara individu.
Tipe Penelitian_Studi Empiris