Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Syariah di PT.Jannata Land

  • Musyadad Tasliman
  • Dandy Tresna Suryawibawa
Keywords: facebook, digital marketing, promosi

Abstract

Tujuan_1).Mengetahui Alasan PT.Jannata Land menggunakan Facebook sebagai media
promosi. 2).Mengetahui kendala saat melakukan promosi di Facebook. 3).Dampak yang
terjadi setelah melakukan promosi di Facebook.
Desain/Metode_ Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan
objek peneltian facebook dan media promosi dengan unit analisis PT.Jannata Land dan
Informan Advertiser PT.Jannata Land, sumber data yang didapat adalah data primer
dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara.
Temuan_ Kesimpulan dari penelitian ini adalah alasan PT.Jannati Land memanfaatkan
facebook sebebagai media promosi produk perumahan syariah karena perkembangan
Digital yang sangat mendominasi kehidupan manusia khususnya facebook menjadi salah
satu social media dengan pengguna terbanyak yaitu 9 juta orang muslim aktif setiap
bulannya yang menjadi pasar sasaran PT.Jannati Land untuk mempromosikan produk
perumahan syariah. Namun dalam proses promosi melalu facebook tentunya tidak
sedikit kendala yang dialami, mulai dari biaya untuk proses split test saja, konten iklan
yang original, proses moderasi konten iklan, algoritma facebook yang berubah sangat
cepat dan juga AME (Ads Manager Error). Selain itu adapun dampak positif yang
dirasakan PT.Jannati Land dalam beriklan di facebook yaitu kemudahan yang diberikan
facebook untuk mendapatkan hasil yang spesifik, report kinerja iklan disertai data-data
khusus yang dapat di olah untuk kegitan promosi berikutnya, bicara dampak positif past
ada pula dampak negatifnya yaitu harus mempunyai kemampuan analisa yang sangat
baik, jika tidak, maka kemungkinan akan “boncos” atau rugi serta profil bisnis yang
terkena AME semua data hasil report akan hilang dan proses promosi harus dimulai dar
Nol.
Implikasi_ Saran bagi PT.Jannata Land guna meng-efektifkan proses Digital Marketing
atau Pemasaran secara online untuk lebih bisa mendesain konten yang menarik yang
tidak melanggar kebijakan dan algortima facebook, sehingga konten tersebut dapat
melalui proses moderasi dengan cepat dan tidak mudah terkena AME. Selain itu
PT.Jannata Land agar lebih memanfaatkan media lainnya, karena tak hanya socia
media saja yang mampu mendongkrak proses promosi, namun masih banyak platform
lain yang tersedia, salah satunya google dengan fitur google Adword-nya, serta kin
semakin banyak penyedia layanan marketplace khusus property seperti rumah.com,
Lamudi, OLX, Dll yang dapat dimanfaatkan melalu fitur berbayarnya sehingga dapat
dimanfaatkan guna meningkatkan bisnisnya.
Originalitas_Ini pertama kalinya penelitian yang dilakukan di PT.Jannata Land
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-04-08
How to Cite
Tasliman, M., & Suryawibawa, D. (2019). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Syariah di PT.Jannata Land. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 941 - 946. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.126
Section
Articles