Analisis Strategi Penetapan Harga SKM.CLOTHING

  • Surya Kencana
Keywords: Harga, Penetapan, Strategi

Abstract


Tujuan_Untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang perlu dipertimbangan dalam penetapan
harga.
Desain atau metode_Jenis penelitian yang digunakan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan
deskriptif. Tidak mengunakan teknik sample, teknik pengumpulan data yang digunakan mengunakan
interview langsung dan wawancara kepada informan owner SKM.CLOTHING.
TemuanKesimpulan dari penelitian ini adalah ada beberapa faktor yang di pertimbangkan dalam
penetapan harga yang di lakukan oleh SKM.CLOTHING. (1). Faktor Biaya Produksi : Faktor ini
menghitung berapa biaya yang harus di keluarkan untuk suatu produk. Dari hasil akumulasi biaya ini
SKM.CLOTHING bisa menetapkan harga dengan cara : Biaya produksi + keuntungan yang di
inginkan dalam (%) = Penetapan harga / harga jual. (2). Faktor Kompetitor/Pesaing : Faktor ini
menjadi strategi penetapan harga yang dilakukan oleh SKM.CLOTHING dengan cara harga
kompetitor menjadi referensi atau sebagai pembanding bagi harga yang nanti akan ditetapkan oleh
SKM.CLOTHING. Strategi yang dilakukan SKM.CLOTHING adalah dengan cara menetapkan harga
produk lebih murah dibandingkan dengan harga kompetitor dengan tujuan untuk menarik pelanggan,
mendapatkan pelanggan dan pangsa pasar. (3). Faktor Permintaan : Faktor ini mengacu pada jumlah
permintaan, kualitas bahan kain yang diminta, desain, kualitas sablon dan waktu pengerjaan. (4).
Faktor Tidak Terduga : SKM.CLOTING memasukan faktor tidak terduga karena banyak sekali kasus
yang terjadi dimana harga berubah derastis akibat sesuatu hal yang terjadi di pasaran. Berubahnya
harga bahan baku, produk tidak laku dipasaran, promosi dan persepsi pelanggan terhadap produk.
Implikasi_Penulis mengajukan beberapa saran untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam
melakukan strategi penetapan harga dan diharapkan bermanfaat bagi SKM.CLOTHING baik untuk
masa sekarang dan yang akan datang. Yang pertama harus konsisten terhadap keputusan
penetapan harga produk. Kemudian SKM.CLOTHING tidak boleh mengabaikan faktor persaingan,
walaupun SKM.CLOTHING yakin akan keungulan produk. SKM.CLOTHING perlu adanya pantauan
secara berkelanjutan terhadap harga produk-produk yang ditetapkan oleh pesaing dan melakukan
penyesuaian harga. Maka dengan demikian diharapkan harga produk SKM.CLOTHING dapat lebih
kompetitif. SKM.CLOTHINGpun harus membina hubungan baik dengan pelanggan dan supplier, agar
ketika harga melonjak, negosiasi dengan konsumen dan supplier tidak sulit. Karena SKM.CLOTHING
selalu memberi informasi kepada buyer ataupun supplier mengenai faktor-faktor kenaikan harga dan
permintaan pasar.
Originalitas_Belum ada penelitian sebelumnya yang melakukan analisis strategi penetapan harga
SKM.CLOTHING.
Tipe Penelitian_Study Empiris

Published
2019-04-11
How to Cite
Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM.CLOTHING. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 1003 - 1011. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.136
Section
Articles