Analisis Penyebab Ketidakpuasan Konsumen Apotek Sanjaya

  • Endar Sukendar
Keywords: ketidakpuasan konsumen, kepuasan konsumen

Abstract

Tujuan_tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya
ketidakpuasan konsumen di Apotek Sanjaya, untuk mengetahui dampak atau akibat dari
ketidakpuasan konsumen.
Desain/Metode_Peneliian ini di lakukan di Apotek Sanjaya, jenis penelitian yang di
gunakan adalah kualitatif, dengan metode pendekatan yang di gunakan deduktif, informan
penelitian ini adalah konsumen dan pimpinan Apotek Sanjaya. Teknik pengumpulan data
adalah dengan melakukan observasi langsung dan wawncara di lapangan, jenis data yang
digunakan adalah data primer yang di peroleh langsung dari objek penelitian, sedangkan
metode analisis yang di gunakan adalah metode deskriptif yang di lakukan untuk
mengetahui nilai variabel mandiri.
Temuan_Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa kualitas pelayanan terhadap
konsumen di Apotek Sanjaya sangat buruk , hal ini dapat di lihat dari kualitas pelayan yang
tidak baik yang diberikan oleh Apotek Sanjaya. Dampaknya pun bagi Apotek sangatlah
jelas terlihat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya konsumen yang enggan melakukan
transaksi pembelian dan menambah citra buruk bagi perusahaan, dengan berkurangnya
penjualan, maka Apotek tersebut akan kesulitan dalam mendapatkan pelanggan baru
karena kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan
antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan
nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya akan menjadi
pelanggan dalam waktu yang lama. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup
perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam
persaingan. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam
melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan
perusahaan.
Implikasi_Saran bagi Apotek Sanjaya adalah Apotek Sanjaya harus dapat lebih baik lagi
dalam meningkatkan kualitas pelayananya, karena jika pelayananya baik akan berdampak
baik juga terhadap perusahaan, maka dari itu Apotek Sanjaya tidak akan merasa kesulitan
untuk mempertahankan konsumen dan mendapatkan pelanggan baru. Di harapakan
penelitian ini dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu manajemen pemasaran, di
bidang ilmu pemasaran.
Originalitas_penelitian ini merupakan satu-satunya penelitian mengenai ketidakpuasan
konsumen di Apotek Sanjaya.
Tipe khususnya Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-04-13
How to Cite
Sukendar, E. (2019). Analisis Penyebab Ketidakpuasan Konsumen Apotek Sanjaya. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 1071 - 1076. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.145
Section
Articles