Meningkatkan Loyalitas Pelanggan melalui Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan

  • Ratna Ekawati
  • Nida Tasri
Keywords: kualitas produk, promosi penjualan, loyalitas pelanggan

Abstract

Tujuan_penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui persepsi pelanggan
Molto Eau de Parfum atas kualitas produk, promosi penjualan dan loyalitas
pelanggan, dan (2) mengetahui kontribusi kualitas produk dan promosi
penjualan terhadap loyalitas pelanggan Molto Eau de Parfum baik secara
simultan maupun parsial.
Desain/Metode_Jenis penelitian yang digunakan adalah dskriptif verifikatif,
dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel
insidental dan purposive. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan
rumus iterasi sehingga jumlah responden yang diteliti adalah 116 orang.
Jenis data yang digunakan ialah data primer dan data skunder dengan
teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Temuan_Menurut persepsi pelanggan, Kualitas produk Molto Eau de
Parfum berada dalam kategori cukup baik, promosi penjualan berada dalam
kategori baik, sedangkan loyalitas pelanggan berada dalam kategori cukup
tinggi. Secara simultan kualitas produk dan promosi penjualan mempunyai
pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial, hanya
promosi penjualan yang memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan Molto Eau de Parfum.
Implikasi_Implikasi penelitian secara empiris menunjukan bahwa jika
perusahaan ingin meningkatkan loyalitas pelanggan, sebaiknya lebih focus
pada peningkatan program promosi penjualan seperti program kupon dan
lain-lain. Implikasi penelitian teoritis, berharap dalam penelitian selanjutnya
agar sampel penelitian lebih banyak dan waktu penelitiannya lebih lama.
Tujuannya agar hasil dari penelitiannya lebih maksimal dan lebih baik lagi..
Originalitas_Instrumen penelitian yang khusus disusun untuk memotret
kondisi kualitas produk, promosi penjualan dan loyalitas pelanggan Molto
Eau de Parfum.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-04-18
How to Cite
Ekawati, R., & Tasri, N. (2019). Meningkatkan Loyalitas Pelanggan melalui Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 1221 - 1228. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.166
Section
Articles