Pengaruh Pengawasan Dan Lingkungan Kerja Serta Kompetensi Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kinerja Pada Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur

  • Juwita Aprillia STIE NUSANTARA SANGATTA
Keywords: Kinerja, Pengawasan dan Kompetensi

Abstract

Tujuan_Menganalisis pengaruh pengawasan terhadap komitmen organisasional Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur, Menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasional Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur, Menganalisis pengaruh kompetensi terhadap komitmen organisasional Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur, Menganalisis pengaruh pengawasan terhadap kinerja Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur, Menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur, Menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur dan Menganalisis pengaruh komtimen organisasional terhadap kinerja Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur.
Desain/Metode_Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengawasan, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Komitmen Organisasional dan Kinerja. Populasi sasaran di dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur berjumlah 53 orang pegawai PNS termasuk didalamnya peneliti dan pimpinan sebagai penilai kinerja pegawai dan 36 orang pegawai non PNS. Penelitian ini dilakukan Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur bulan September 2016 sampai dengan bulan Desember 2016. Metode pengumpulan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.
Temuan_Pengawasan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasional, Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, Pengawasan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja, Lingkungan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja, Kompetensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja dan Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.
Implikasi_Pengawasan, Lingkungan Kerja dan Kompetensi berpengaruh positif terhadap Komitmen Organisasional. Pengawsan dan Lingkungan Kerja berpengaruh negative terhadap Kinerja. Dan Komitmen Organisasional berpengaruh positif terhadap Kinerja.
Originalitas_Penelitian Terdahulu, Kerangka Konsepsional
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-03-08
How to Cite
Aprillia, J. (2019). Pengaruh Pengawasan Dan Lingkungan Kerja Serta Kompetensi Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kinerja Pada Pegawai Bagian Keuangan Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 52 - 64. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.17
Section
Articles