Kemasan sebagai Identitas Produk (Suatu analisis pada AMDK Ron 88)

  • Uus Setiawan Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
Keywords: Kemasan, Desain, Struktur, Informasi

Abstract

Tujuan_Untuk mengetahui bagaimana analisis kemasan produk RON 88, seperti; (1) desain grafis, (2) struktur desain, (3) informasi produk yang terdapat pada kemasan. Konsumen biasanya membeli suatu produk karena alasan kebutuhan, namun ada alasan atau faktor-faktor lain yang turut serta mempengaruhi konsumen.
Desain/Metode_Jenis penelitian yang digunakan kualitatif karena penelitian yang dilakukan tentang riset kemasan produk berdasarkan data dan pengamatan
Unit analisis (Perspektif Objek). Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu, hasil penelitian sesuai fakta di lapangan.Metode analisis yang digunakan analisis Deskriptif
Temuan_Yang diperoleh dari hasil penelitian meliputi 3 dimensi variabel desain, Yaitu: (1) Desain grafis, seperti; Nama merek: RON 88, Warna: biru dan gold, Tipografi: visual language dan gambar: menarik perhatian. (2) Struktur Desain, seperti; Bentuk, Ukuran, da n Material. Dari struktur desain RON 88 sudah memiliki proporsi yang layak sebagai produk unggulan untuk setiap konsumennya. (3) Informasi Produk, seperti; memiliki informasi produk yang cukup dan memiliki standar kualitas internasional, excellent ABWA, Asia Packaging award, ISO, HACCP. Yang sehingga konsumen AMDK RON 88 tidak khawatir dalam keputusan pembelianya.
Implikasi_Berdasarkan teoritis kemasan memiliki peranan cukup penting bagi suatu produk. Selain berfungsi sebagai pelindung produk, kemasan juga secara tidak langsung menggambarkan jati diri produk itu sendiri. Sedangkan berdasarkan Praktis dimensi -dimensi dari kemasan memiliki peran masing - masing untuk menghasilkan kemasan yang baik dan menarik, karena semakin menarik kemasan tersebut semakin menarik perhatian para konsumen . Oleh karena itu perusahaan - perusahaan mulai membuat suatu inovasi terhadap produknya yaitu dengan cara membuat kemasan siap saji dengan kombinasi desain gambar dan warna yang cerah
Originalitas_Pada Metode riset dan obs ervasi dalam penelitian suatu analisis AMDK RON 88 yang belum pernah di teliti oleh peneliti lain karena konten dan pembahasannya yang berbeda
Tipe Penelitian_Study Empiris

Published
2018-02-27
How to Cite
Setiawan, U. (2018). Kemasan sebagai Identitas Produk (Suatu analisis pada AMDK Ron 88). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 39 - 44. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.172
Section
Articles