Analisis Kebutuhan Pelatihan Karyawan Bagian Stock Kepper Di Restoran Siete Garden

  • Peris Rismansyah Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
Keywords: Kebutuhan Pelatihan, Job Description, Manfaat Pelatihan

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Fungsi dan tugas pokok karyawan bagian stock kepper, 2) Mengetahui pelatihan yang tepat bagi karyawan bagian stock kepper, dan 3) Mengetahui manfaat dari kegiatan Pelatihan bagi karyawan bagian stock kepper dan bagi restoran Siete Garden.
Desain/Metode_Jenis penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan induktif, unit analisisnya adalah karyawan, sumber data informan dan dokumen, teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi langsung dan studi pustaka, jenis data primer dan data sekunder, serta metode analisis deskriptif.
Temuan_Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) fungsi dan tugas pokok karyawan bagian stock kepper yang utama adalah Menjaga keamanan harta perusahaan dan dokumen penting yang berada dalam pengelolaannya, Melakukan penerimaan barang dan meneliti apakah barang yang sesuai dengan faktur pembelian dan surat pesanan, Mengecek kesesuaian antara surat pesanan (SP) pembelian dengan fakturnya, Membuat laporan bulanan stock barang, Melakukan tata letak barang, Menyiapkan barang dengan surat pesanan (SP) dari Bagian dep produk, Melakukan penyimpanan barang. ; 2) pelatihan yang tepat untuk dilakukan adalah a). Melatih dalam hal bertanggung jawab atas apa yang dia kelola diperusahaan, b). Mengenal suatu barang yang digunakan oleh perusahaan, c). Menjamin ketertiban penempatan melalui minimum dan maksimum stock, d). Meminimalisisasikan
kerusakan,kemudahan control,mencegah kekeliruan penempatan dan pengambilan, kemudahan dan kecepatan opname, e) pengelompokan,ukuran,jumlah barang yang akan ditempatkan, f). Merancang langkah kerja perbaikan yang tepat Penataan layout,pertimbangan modifikasi layout,rencana kerja penataan,persiapan alat bantu,pemberian garis batas
penempatan, g) Mempersiapkan opname barang cepat dan akurat Persiapan opname,tindak lanjut selisih stock, pengaturan opname barang bergerak. ; dan 3) manfaat pelatihan adalah untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja karyawan dan produktivitas Restoran.
Implikasi_Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah untuk memberikan kontribusi pengembangan Ilmu manajemen Sumber Daya Manusia dan manfaat untuk perusahaan adalah untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan.
Originalitas_Penelitian ini baru pertama kali dilakukan di Restoran Siete Garden dan hasilnya hanya dapat diterapkan di Restoran ini.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2018-02-27
How to Cite
Rismansyah, P. (2018). Analisis Kebutuhan Pelatihan Karyawan Bagian Stock Kepper Di Restoran Siete Garden. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 93 - 98. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.180
Section
Articles