Analisis Kebijakan Rotasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Ritel Alfamart

  • Taufik Ahmad Sobandi Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
Keywords: Rotasi Kerja, Kendala Kerja, Dampak Rotasi

Abstract

Tujuan_penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertimbangan yang diterapkan perusahaan dalam melakukan rotasi, kendala apa saja yang dihadapi saat melakukan rotasi karyawan, mengetahui posisi yang riskan ketika dilakukan rotasi karyawan, serta menemukan dampak, baik dampak positif ataupun dampak negatif diadakannya rotasi kerja.
Desain/metode_Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sumber data adalah data primer dengan melakukan wawancara dan observasi, serta data sekunder yang berupa dokumentasi dari buku-buku, artikel dan penelitian terdahulu.
Temuan_Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rotasi kerja karyawan terdapat beberapa yang harus dipertimbangkan, diantaranya perencanaan strategis, kriteria dan indikator yang terukur, dan prospektif pada pengembangan SDM. Adapun kendala yang dihadapi saat melakukan rotasi karyawan adalah ketidaknyamanan karyawan di tempat barunya. Selain itu posisi yang riskan ketika dilakukan rotasi kerja karyawan adalah ketika kepala toko melakukan cuti dimana penanggung jawab toko menjadi berkurang sehingga tidak ada pengganti untuk memegang kendali. Adapun dampak baik adalah rotasi karyawan mengurangi tingkat kejenuhan dan dampak negatifnya pegawai yang di rotasi lambat dalam memahami pekerjaan barunya.
Implikasi_penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen SDM. dan rotasi memberikan sumbangan yang menjadikan perusahaan sebagai tempat kerja yang menyenangkan dalam jangka panjang.
Originalitas_Penelitian topik rotasi kerja adalah yang pertama pada perusahaan retail Alfamart.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2018-02-27
How to Cite
Sobandi, T. (2018). Analisis Kebijakan Rotasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Ritel Alfamart. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 123 - 129. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.184
Section
Articles