Analisis Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan (Sudy Pada Produk Rajut Perusahaan Bapak Suyatno)

  • Suci Purwati Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
Keywords: Loyalitas, Pelanggan, Relationship Marketing

Abstract

Tujuan_Tujuan penulis adalah untuk mengetahui, 1). Apa Keunggulan produk yang di tawarkan oleh perusahaan?; 2). Apa Segmentasi pasar sasaran dan jalur distribusi yang di lakukan oleh perusahaan?; 3). Apa faktor krusial yang menentukan kepuasan pelanggan?; 4). Apa upaya yang dilakukan oleh perusahaan rajut Bapak Suyatno untuk  membangun loyalitas pelanggan?                                                                                                                                                                                                                                                                                  Desain/Metode_Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dengan pendekatan induktif. Bentuk penelitian adalah deskriptif. Unit yang di analisis adalah perusahaan Bapak Suyatno. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dan dokumentasi.                                      Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan rajut Bapak Suyatno menerapkan strategi kepuasaan pelanggan dengan cara membuat kualitas produk yang baik, memperhatikan pelayanan dan jasa serta menekan harga dan biaya. Perusahaan ini juga menggunakan strategi relationship marketing dalam membangun loyalitas pelanggan, yaitu dengan cara memuaskan pelanggan, kepercayaan, komitmen, komunikasi dan kemampuan penanganan konflik hasilnya, sampai saat ini Bapak Suyatno memiliki pelanggan yang loyal terhadap produk kerajinan rajutnya.                                                                                                                                                                                                                                         Implikasi_Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. serta bertambahnya pengetahuan penulis mengenai loyalitas pelanggan.                                                                                                                                                                                                                                                  Originalitas_Penelitian ini pertama kalinya di teliti di perusahaan milik Bapak Suyatno.                                                                                                                                                                        Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Purwati, S. (2018). Analisis Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan (Sudy Pada Produk Rajut Perusahaan Bapak Suyatno). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 241 - 250. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.199
Section
Articles