Analisis Implementasi Relationship Marketing Terhadap Nasabah Pada PT. Adira Multifinance Tbk Di Soekarno Hatta
Abstract
Tujuan_1). Apa saja yang di tawarkan oleh PT Adira Finance; 2) Apa saja Segmen pasar sasaran peusahaan; 3). Upaya apa yang di lakukkan perusahaan untuk melakukan Relationship Marketing; 4). Faktor krusial pada pelanggan. Desain/Metode_Metode yang digunakan kualitatif, jenis penelitiannya Deskriftif, Untit analisinya adalah pada PT Adira Multifinanace Soekarno Hatta, pendekatan yang digunakan induktif,, sumber data informan dan dokumen. teknik pengumpulan data observasi langsung, studi pustaka, wawancara. Temuan_1) Adira Finance Menyediakan Kredit barang yang lengkap 2)Nasabah yang pengajuan kebanyakan pedagang, petani, atau wiraswasta lainnya, tapi untuk yang berstatus karyawan pun bisa mengajukan kredit 3)Tiap hari-hari besar Adira selalu melibatkan Nasabahnya, dan memberikan bonus atau penghargaan kepada Nasabah yang terpilih 4)Jika pelanggan tidak puas dengan pelayanan yang buruk, otomatis Nasabah akan pergi atau pindah ke perusahaan lain. Implikasi_Secara teoritis yaitu penelitian ini mempunyai sumbangan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan mengenai Pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan secara implikasi praktisnya pihak Perusahaan PT Adira Finance perlu selalu menjaga dan mempertahankan Relationship Marketingnya. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat tingkat persaingan di dunia perbankan semakin tinggi dan apalagi dikaitkan dengan semakin dinamisnya kebutuhan dan keinginan para nasabahnya yang setiap saat selalu berkembang. Originalitas_Penelitian ini sebelumnya belum pernah di lakukan di PT Adira Finance soekarno hatta tentang Relationship Marketing. Tipe Penelitian_Studi Empiris (PT Adira Finance terhadap Pelaggan)