Perancangan Instrumen Pengukuran Efikasi Diri Guru Sekolah Luar Biasa
Abstract
Tujuan_1) Menggali indikator-indikator yang digunakan untuk mengukur efikasi diri., 2) Menetapkan indicator yang akan digunakan untuk mengukur efikasi diri Guru SLB., 3) Merancang instrumen pengukuran efikasi diri pada Guru SLB., 4) Menguji validitas dan reliabilitas instrument. Desain/Metode_Jenis penelitian kuantitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deduktif, unit analisisnya adalah Guru SLB, sampel 30 responden, jenis datanya primer dan sekunder, sumber data responden dan dokumen, teknik pengumpulan datanya adalah studi pustaka dan kuesioner, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Temuan_ Hasil penelitian menunjukan 1) dari enam sumber kajian pustaka diperoleh 18 indikator untuk mengukur efikasi diri., 2) Menetapkan indicator yang akan digunakan untuk mengukur efikasi diri Guru SLB yaitu (a). Keyakinan; (b). kepercayaan diri; (c). Kemampuan; (d). Rasional dan realistik., 3) Merancang instrumen pengukuran efikasi diri pada Guru SLB dengan menjabarkan empat indicator ke dalam 12 item pernyataan., 4) Hasil pengujian validitas dan reliabilitas terlihat bahwa seluruh item pernyataan valid dan reliable. Implikasi_Implikasi teoritisnya bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang Manajemen SDM, implikasi praktisnya adalah sekolah dapat mengukur tingkat efikasi diri Guru SLB. Originalitas_Penelitian ini menghasilkan indikator dan instrumen pengukuran efikasi diri khusus Guru SLB. Tipe Penelitian_Studi Literatur.