Meningkatkan Loyalitas Pelanggan melalui Nilai Pelanggan dan Customer Relationship Marketing

  • Ratna Ekawati Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
  • Winda Winarti Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
Keywords: Loyalitas Pelanggan, Nilai Pelanggan, CRM

Abstract

ujuan_Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh nilai pelanggan dan customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan secara simultan, (2) pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial, dan (3) pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan secara parsial.

Desain/Metode_Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metoda penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif / verifikatif. Populasinya adalah pelanggan bisnis PT. Deanstey Modish Raya Bandung dengan sampel yang disurvey adalah sebanyak 112 responden. Survey memanfaatkan google form  untuk penyebaran dan pengisian kuisioner. Pengujian data : pengujian validitas, pengujian reliabilitas, dan pengujian asumsi klasik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi, dalam operasionalnya pengolahan data menggunakan software SPSS 22.

Temuan_Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) nilai pelanggan dan customer relationship marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 51,5% dan sisanya 48,5% dipengaruhi oleh hal lain diluar penelitian ini, (2) nilai pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) customer relationship marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Implikasi_Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi PT. Deanstey Modish Raya Bandung dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis.

Originalitas_Indikator-indikator yang digali dalam penelitian ini merupakan alat ukur yang hanya digunakan pada PT. Deanstey Modish Raya Bandung.

Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2018-02-27
How to Cite
Ekawati, R., & Winarti, W. (2018). Meningkatkan Loyalitas Pelanggan melalui Nilai Pelanggan dan Customer Relationship Marketing. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 515 - 523. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.237
Section
Articles