Pengaruh Service Performance dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Gender Sebagai Moderating Variabel di Indomaret se-Kecamatan Bandung kidul

  • Budi Djatmiko Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
  • Ida Jalilah Fitria Program Studi Manajemen STIE STEMBI Bandung
Keywords: Service Performance, Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan, Gender

Abstract

Tujuan_Untuk mengetahui : (1) pengaruh Service Performance dan Komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan secara simultan maupun parsial, dan (2) bagaimana gender mempengaruhi hubungan antara service Performance dan komunikasi pemasaran dengan loyalitas pelanggan.

Desain/Metode_Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif Verifikatif.  Sampel dalam penelitian ini adalah Pelanggan Indomaret se-kecamatan Bandung Kidul, teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan rumus iterasi. Adapun jumlah sampel yang diteliti berjumlah 130, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analysis moderate regression.

Temuan_ Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran mempunyai pengaruh yang paling besar dibandingkan dengan service performance terhadap loyalitas pelanggan yaitu dengan koefisien regresi sebesar 0,243 sedangkan variabel service performance memiliki koefisien regresi 0,114 pelanggan dan gender paling besar mempengaruhi hubungan komunikasi pemasaran dan loyalitas pelanggan dengan koefisien regresi 0,245 sedangkan mempengaruhi hubungan service performance dan loyalitas pelanggan dengan koefisien regresi sebesar 0,297.

Implikasi_Secara praktik bagi perusahan ritel modern khusunya di Kota Bandung Dan Kecamatan Bandung Kidul. Masalah loyalitas pelanggan merupakan salah satu unsur yang utama masalah yang dapat merugikan perusahaan. Menghilangkan masalah loyalitas pelanggan hendaknya dilakukan komunikasi antar pimpinan dan manajemen serta tindak lanjut dari manajemen.

Originalitas_Peneltian tentang Service Performance, Komunikasi pemasaran dan Loyalitas di Indomaret se-Kecamatan Bandung Kidul dan mengetahui sejauh mana peran gender dalam memoderasi hubungan dari konstruksi tersebut.

Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Djatmiko, B., & Fitria, I. (2018). Pengaruh Service Performance dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Gender Sebagai Moderating Variabel di Indomaret se-Kecamatan Bandung kidul. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 524 - 535. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.238
Section
Articles