Implementasi Memorable Tourism Experience Scale Pada Wisatawan yang Berkunjung Ke Objek Wisata Kota Padang

  • Afifah Afifah Administrasi Niaga POLTEK Padang
  • Yosi Suryani Administrasi Niaga POLTEK Padang
  • Ranti Komala Dewi Administrasi Niaga POLTEK Padang
Keywords: Memorable Tourism Experience, Kuantitatif, Wisata Kota Padang

Abstract

Tujuan_Artikel ini bertujuan untuk menggali lebih dalam bagaimana pengalaman wisatawan berkunjung ke objek wisata di Kota Padang.

Desain/Metode_Persepsi wisatawan tersebut digali menggunakan indicator-indikator yang terdapat Memorable Tourism Experience Scale. Persepsi wisatawan dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner pada wisatawan yang menjadi sampel. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 213 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis faktor.

Temuan_ Hasilnya diketahui terdapat lima faktor yang menjadi ingatan wisatwan ketika berkunjung ke Kota Padang yakni: Kepuasan Utama, Positif Feeling, Social Experience, Involvement dan Refresment. Diantara lima faktor tersebut yang menjadi ingatan dominan adalah Kepuasan Utama (Main Satisfaction).

Implikasi_ Temuan ini dapat menjadi pertimbangan dalam menyusun kegiatan promosi objek wisata Kota Padang.

Originalitas_ Originalitas dari pembahasan artikel ini adalah teknik analisis yang dilakukan secara kuantitatif.

Tipe Penelitian_ Penelitian ini tergolong pada penelitian empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Afifah, A., Suryani, Y., & Dewi, R. (2018). Implementasi Memorable Tourism Experience Scale Pada Wisatawan yang Berkunjung Ke Objek Wisata Kota Padang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 578 - 585. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.243
Section
Articles