Urgensi Manajemen Proyek Dalam Manajemen Pendidikan
Abstract
Tujuan_ Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis urgensi manajemen proyek di bidang manajemen pendidikan.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dan penelitian kepustakaan. Data diperoleh melalui tinjauan pustaka dan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
Temuan_ Hasilnya menunjukkan bahwa begitu banyak proyek di bidang pendidikan dari pemerintah telah menemui kebuntuan atau hambatan signifikan yang menghambat penyelesaian proyek secara drastis. Kurikulum berbasis karakter dan sertifikasi guru adalah dua contoh proyek tak tentu yang menyimpang dari niat semula. Ketidakefektifan dan penyimpangan ini terutama disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan keahlian dalam manajemen proyek di kalangan praktisi dan birokrat.
Implikasi_ Manajemen proyek harus menjadi kompetensi inti di setiap disiplin dan bidang keilmuan, terutama di bidang pendidikan agar mampu mengatur dan mengelola proyek secara efektif dan efisien.
Originalitas_Orisinalitas dari artikel ini adalah penggunaan kajian literatur terstandarisasi internasional seperti Project Management Body of Knowledge (PMBOK).
Tipe Penelitian_Studi Literatur.