Evaluasi Program Kartu Jakarta Pintar di UPT P6o Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

  • Rita Aryani Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Panca Sakti

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi tentang Kartu Jakarta Pintar yang telah diselenggarakan di UPT P6O Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Desain/Metode_ Studi evaluasi program ini menggunakan model evaluasi Konteks, Masukan, Proses, dan Produk (CIPP) dengan pendekatan deskriptif-evaluatif dan juga metode penelitian evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi yang telah dilakukan di UPT P6O Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan SMK Swasta yang tersebar di 5 wilayah administratif di Provinsi DKI Jakarta.

Temuan_ Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Kartu Jakarta Pintar di UPT P6O Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta bekerja dengan sangat baik dan memenuhi kriteria evaluasi yang telah ditetapkan: 1) Evaluasi konteks telah memenuhi kriteria evaluasi, 2) Evaluasi Masukan telah memenuhi pengabaian Kriteria, walaupun dalam hal ini perlu sosialisasi lebih banyak tentang penggunaan dan isi sistem administrasi. 3) Evaluasi proses telah memenuhi kriteria evaluasi, walaupun dalam hal ini pemantauan dan laporan penerima Program KJP perlu ditingkatkan, 4) Evaluasi produk telah memenuhi kriteria dan evaluasi telah direalisasikan dengan baik.

Implikasi_ Penelitian ini dapat menjadi salah satu acuan dan bahan pertimbangan dalam memutuskan rencana tindak lanjut untuk program Kartu Jakarta Pintar di DKI Jakarta.

Originalitas_Orisinalitas dari artikel ini adalah evaluasi program pemerintah yang sedang berjalan sebagai upaya memberikan masukan dalam bentuk evaluasi formatif secara kontinu.

Tipe Penelitian_Evaluasi Program.

Published
2018-02-27
How to Cite
Aryani, R. (2018). Evaluasi Program Kartu Jakarta Pintar di UPT P6o Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 609 - 615. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.247
Section
Articles