Model Pengupahan Berbasis Gender Bagi Karyawan Perseroan di Kaimantan Timur

  • Thomas Robert Hutauruk STIMI Samarinda
  • Saiful Saiful STIMI Samarinda
  • Riduansah Riduansah STIMI Samarinda
  • Mihani Mihani STIMI Samarinda
  • Muhammad Romadloni STIMI Samarinda
Keywords: Gender, Model, Upah

Abstract

Tujuan_tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan model pengupahan yang berkeadilan atas dasar perbedaan gender bagi karyawan perseroan.

Desain/Metode_Penelitian ini dilaksanakan pada perseroan yang bergerak di bidang jasa, perdagangan, pengadaan dan pengolahan yang diambil secara random di kalimantan Timur.  Data diolah menggunakan alat analisis komperatif yang memperbandingkan antara upah yang diterima pekerja perempuan dan pekerja laki-laki dalam lapangan kerja tertentu, perbandingan antara standar kelayakan hidup pekerja dengan standar kebutuhan pekerja perempuan/laki-laki, dan yang diterima riil dari perseroan tempat bekerja.

Temuan_ Melalui penelitian ini diharapkan akan memperoleh angka indeks dalam perhitungan upah yang seharusnya diterima karyawan berdasarkan gender di masing-masing jenis perseroan.

Implikasi_Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan sebagai dasar perhitungan upah bagi perseroan yang bergerak dalam bidang jasa, perdagangan, pengadaan dan pengolahan.

Originalitas_Penelitian terkait perhitungan pengupahan yang memasukkan angka indeks gender belum pernah dilakukan sebelumnya.  Sehingga penelitian ini bersifat terbaharukan dan original.

Tipe penelitian_Study empirik

Published
2018-02-27
How to Cite
Hutauruk, T., Saiful, S., Riduansah, R., Mihani, M., & Romadloni, M. (2018). Model Pengupahan Berbasis Gender Bagi Karyawan Perseroan di Kaimantan Timur. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 616 - 624. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.248
Section
Articles