Tinjauan Indikator Kualitas Audit

  • Tuti Herawati Program Studi Akuntansi STIE STEMBI Bandung
  • Selly Siti Selfia Program Studi Akuntansi STIE STEMBI Bandung
Keywords: Audit, Kualitas Audit, Indikator Kualitas Audit

Abstract

Tujuan_ Mengetahui apa saja indikator kualitas audit yg di rangkum dari berbagai artikel dan jurnal terkait tinjauan indikator kualitas audit.

Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari berbagai dokumen dengan teknik pengumpulan data penulis melakukan observasi data baik melalui buku dan jurnal.

Temuan_Hasil penelitian ini penulis mendapatkan beberapa indikator diantaranya :Draf Panduan Indikator Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik 1) Kompetensi Auditor 2) Etika Dan Independensi Auditor 3) Penggunaan Waktu Personil Kunci Perikatan 4) Pengendalian Mutu Perikatan 5) Hasil Reviu Mutu Atau Inspeksi Pihak Eksternal Dan Internal 6) Rentang Kendali Perikatan; 7) Organisasi Dan Tata Kelola Kap 8) Kebijakan Imbalan Jasa. Anwar, Ahmad Nugraha Syaiful. 2014. 1)Tepat waktu 2)Lengkap 3)Akurat 4)Objektif 5)Meyakinkan 6) Jelas 7)Ringkas. Lauw Tjun Tjun, Elyzabet Indrawati Marpaung, dan Santy Setiawan, (2012) 1) Melaporakan semua kesalahan klien 2) Pemahaman terhadap SIA klien 3) Komitmen dalam menyelesaikan audit 4) Berpedoman pada prinsip akuntansi dan prinsip audit 5) Tidak percaya begitu saja pada pernyataan klien 6) Sikap hati-hati dalam pengambilan keputusan. Wooten, T.G. 2003. 1) Deteksi salah saji 2) Kesesuaian dengan Standar Umum yang Berlaku 3) Kepatuhan terhadap SOP.

Implikasi_ Dalam rangka mengukur kualitas audit ada 24 indikator yang ditemukan penulis pada penelitian ini.indikator tersebut dapat di gunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai bahan dalam penyusunan karya tulis ilmiah mengenai kualitas audit.

Originalitas_ Penelitian dilakukan dengan cara observasi pada buku dan jurnal sehingga mendapatkan temuan pada penelitian ini yaitu indikator kualitas audit.

Tipe Penelitian_Kajian Literatur

Published
2019-03-23
How to Cite
Herawati, T., & Selfia, S. (2019). Tinjauan Indikator Kualitas Audit. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 122 - 126. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.25
Section
Articles