Distribusi Gas Elpji 3 Kg Bersubsidi Berbasis On Line

  • Multi Nadeak Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
  • Priska Wisudawaty Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
Keywords: Gas LPG, Mobiles phone, QR code

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk: 1). membangun sebuah sistem online dengan menggunakan kartu yang dilengkapi QR code yang dapat merekam data nama, lokasi, serta stok barang yang akan dapat di-scan dengan menggunakan mobile phone; 2). menggunakan kartu dengan kode QR tersebut untuk melakukan pengawasan terhadap ketersediaan dan proses distribusi gas LPG 3 kg mulai tingkat distributor teratas mulai dari agen, pangkalan, pedagang pengecer, hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen yakni masyarakat yang berhak.

Desain/Metode_ Pendistribusian gas LPG 3 kg bersubsidi dilakukan dengan menggunakan kartu yang dilengkapi QR code yang dapat merekam data nama, lokasi, serta stok barang yang akan dapat di-scan dengan menggunakan mobile phone. Data pada penelitian ini diambil secara survei ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian, masyarakat konsumen, dan toko.

Temuan_Dari penelitian pendistribusian gas LPG 3 kg berbasis online dengan menggunakan metode QR code ditemukan hasil bahwa pendistribusian gas LPG tepat sasaran, stok yang ada di pengecer dapat terkontrol di pangkalan dan agen.

Implikasi_ Distribusi gas LPG 3 kg berbasis online ini dapat diterapkan secara nasional oleh Pemerintah.

Originalitas_ Sistem pendistribusian, pembayaran, proteksi gas LPG.

Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Nadeak, M., & Wisudawaty, P. (2018). Distribusi Gas Elpji 3 Kg Bersubsidi Berbasis On Line. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 668 -675. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.253
Section
Articles