Penerapan Teknologi Internet of Thing (IoT) pada bisnis budidaya tanaman Hidroponik sebagai langkah efisiensi biaya perawatan

  • Deden Komaludin Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Texmaco
Keywords: Internet of Thing, Hidroponik, Efisiensi

Abstract

Tujuan_ Mengetahui dampak positif dan negatif penerapan Teknologi Internet of Things (IoT) pada tanaman hidroponik juga agar dapat memperoleh prosentase efisiensi biaya perawatan atas penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) dalam menjalankan bisnis tanaman hidroponik.

Desain/Metode_ Metode kualitatif dan metode deskriptif.

Temuan_Teknologi IoT dapat memangkas pembiayaan perawatan tanamam dalam satu bulan sekitar 23%-70%. Juga memudahkan pemilik lahan dapat memantau kondisi tanaman hidroponik melalui laman.

Implikasi_ Pembengkakan di pembiayaan awal saja yang ditaksir hingga dua kali lipat biaya perawatan tanaman hidroponik dalam satu bulan.

Originalitas_ Penelitian dan pemikiran adalah murni hasil penulis terutama pada paparan mengenai ide dan pembentukan rancang bangun sistematis teknologi digitalnya.

Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Komaludin, D. (2018). Penerapan Teknologi Internet of Thing (IoT) pada bisnis budidaya tanaman Hidroponik sebagai langkah efisiensi biaya perawatan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 682 - 690. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.255
Section
Articles