Kajian Theory Of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Bidik Misi dalam Membeli Buku

  • Putri Wulandari Program Studi Manajemen STIE Nusantara Sangatta
Keywords: Sikap, Niat, Perilaku, TPB

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teori perilaku terencana dan menemukan bukti empiris dari perilaku mahasiswa bidik misi dalam membeli buku kuliah.

Desain/Metode_Dengan menggunakan pendekatan campuran strategi embedded congruent, analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.

Temuan_ sikap berperilaku berpengaruh terhadap niat sekitar 18%. Norma subjektif berpengaruh terhadap niat sebesar 19%. Kontrol perilaku yang dipersepsi berpengaruh terhadap niat. Niat berpengaruh terhadap perilaku konsumsi. Kontrol perilaku yang dipersepsi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi sebesar 17%. Sikap berperilaku tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Norma subjektif tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Kontrol perilaku yang dipersepsi tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi. Analisis kualitatif menemukan bahwa pengaruh paling besar mahasiswa bidik misi melakukan atau tidak melakukan pembelian buku karena alasan prestasi. Hasil kualitatif sejalan dengan hasil analisis kuantitatif. Mahasiswa bidik misi harus melakukan pembelian buku dengan lebih bijak agar dana beasiswa teralokasi dengan efisien.

Implikasi_mahasiswa bidik misi melakukan pembelian buku disebabkan karena prestasi dan mempertahankan nilai.

Originalitas_belum pernah dilakukan penelitian mengenai variabel ini terhadap mahasiswa bidik misi.

Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Wulandari, P. (2018). Kajian Theory Of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Bidik Misi dalam Membeli Buku. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 691 - 698. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.256
Section
Articles