Kajian Good Corporate Governance Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah

  • Rima Elya Dasuki Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Keywords: Good Corporate Governance, Koperasi, Kesehatan koperasi, transparan, akuntabel, responsive

Abstract

Tujuan_Penerapan Good Corporate Governance mendorong pengurus KSPPS dalam menjalankan  kegiatan usaha simpan pinjam yang secara efektif dan efisien dengan memperhatikan prinsip koperasi dan prinsip kehati- hatian sehingga penilaian koperasi transparan,akuntabel dan responsive.

Desain/Metode_ Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi.

Temuan_ Prinsip Good Corporate Governance  dibutuhkan koperasi agar tercapainya kesinambungan usaha  dengan memperhatikan stakeholder.

Implikasi_Pengelolaan koperasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien dan tidak menyebabkan kerugian pada pihak manapun,diharapkan dengan diterapkannya Good Corporate Governance maka kesehatan koperasi dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada anggota.

Originalitas_Beberapa dari variable penelitian terdapat kesamaan dengan peneliti  sebelumnya,namun variable good corporate governance  disesuaikan dengan  kondisi  koperasi di Indonesia dan objek penelitian good corporate governance yang merupakan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah  sejauh ini belum dilakukan penelitian sebelumnya.

Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Dasuki, R. (2018). Kajian Good Corporate Governance Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 739 - 755. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.261
Section
Articles