Analisis Penerapan Etika Bisnis Terhadap Penggunaan Facebook Ads

  • Anashtiti Prabandari Yunti TELKOM University
  • Abdullah Abdullah TELKOM University
Keywords: etika bisnis, Facebook Ads, iklan online, pemasaran online

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip etika bisnis pada penggunaan Facebook Ads. Prinsip etika bisnis yang digunakan adalah prinsip otonomi, kejujuran, keadilan, integritas moral dan saling menguntungkan menggunakan dua variabel yaitu variabel (X) etika bisnis dan variabel (Y) persepsi pengguna.

Desain/Metode_ Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 pengiklan Facebook Ads dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 21 dan MS Excel. Uji hipotesis menggunakan rank spearman, tabulasi silang dan chi-square.

Temuan_ Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengiklan di Facebook Ads telah menerapkan etika bisnis. Variabel etika bisnis dan variabel persepsi pengguna berada di kategori baik dengan masing-masing presentasi nilai 81% dan 76%. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara kedua variabel dengan nilai r = 0,474. Besar kontribusi variabel etika bisnis terhadap variabel persepsi pengguna adalah sebesar 22,5% sedangkan sisanya 77,5% ditentukan oleh varibel lain.

Implikasi_ Pengiklan harus meningkatkan kualitas dalam pembuatan konten iklan yang lebih informatif serta menganalisa kembali siapa konsumen yang dituju agar lebih sesuai dengan target dan memperkecil kemungkinan iklan ditujukan kepada konsumen di luar target.

Originalitas_Hasil penelusuran terdahulu menemukan adanya penelitian dengan judul terkait oleh Ihsan (2017) dan Reagan (2014). Penelitian ini berbeda karena objek yang digunakan adalah pengguna Facebook Ads dengan fokus penerapan prinsip etika bisnis serta terdapat perbedaan pada metode analisis.

Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Yunti, A., & Abdullah, A. (2018). Analisis Penerapan Etika Bisnis Terhadap Penggunaan Facebook Ads. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 806 - 812. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.267
Section
Articles