Pengaruh Budaya Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karawang

  • Enjang Sudarman Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta
Keywords: budaya kerja, komitmen organisasi, kinerja pegawai, paradigma pelayanan

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh budaya kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang.

Desain/Metode: menggunakan metode korelasi dan regresi , untuk mencari pengaruh antar variabel yang diteliti yaitu; variabel independen budaya kerja (X1 ) dan komitmen organisasi (X2 ) terhadap variabel dependen kinerja pegawai (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil sebanyak 48 orang dari total sampel. Sumber data primer diambil menggunakan kuesioner / instrumen:  varibel budaya kerja,   variabel komitmen organisasi, dan  variabel kinerja pegawai. Analisis data menggunakan Statistik inferensial dengan SPSS versi:22.

Temuan : terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara budaya kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai (F hitung = 421,613, p < 0,000).

Implikasi: (1) pimpinan organisasi mengubah paradigma budaya kerja dan komitmen oranisasi dalam pelayanan publik (2) pimpinn orgnisasi memelihara kinerja pegwai dengan cara emotivasi, komunikasi, pengembangan karir dan progrm pendidikan latihan.

Originalitas: (1) indikator budaya kerja:  efisiensi, kemudahan, kejelasan, kepastian, keterbukaan, dan kewajaran, (2) indikator komitmen organisasi: pendidikan pelatihan, komunikasi, motivasi dan pengembangan karir, (3) indikator kinerja pegawai:  perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pembinaan, promosi, pelestariaan budaya.

Tipe Penelitian:Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Sudarman, E. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karawang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 813 - 825. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.268
Section
Articles