Pengaruh Profesionalisme Dan Kompetensi Birokrasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Karawang

  • Enjang Sudarman Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta
Keywords: profesionalisme, kompetensi birokrasi, kinerja pegawai, responsif, inovatif

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh  Profesionalisme dan Kompetensi Birokrasi  terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang.

Desain/Metode: menggunakan metode korelasi dan regresi , untuk mencari pengaruh antar variabel yang diteliti yaitu; variabel independen profesionalisme (X1 ) dan kompetensi birokrasi (X2 ) terhadap variabel dependen kinerja pegawai (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil sebanyak 46 orang dari total sampel. Sumber data primer diambil menggunakan kuesioner / instrumen:  varibel profesionalisme,   variabel kompetensi birokrasi, dan  variabel kinerja pegawai. Analisis data menggunakan Statistik inferensial dengan SPSS versi:22.

Temuan : terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara profesionlisme dan kompetensi birokrasi  terhadap kinerja pegawai (F hitung = 435,142, p < 0,000).

Implikasi: (1) upaya meningkatkan  responsivitas aparatur dengan menerapkan program kerja jangka panjang, menengah dan jangka pendek skala  prioritas. (2) upaya meningkatkan kompetensi pegawai dengan program pendidikan dan pelatihan.

Originalitas: (1) indikator profesionlisme:  responsif, inovatif, dedikasi, kewajiban sosial, keahlian khusus, kewenangan dan afiliasi organisasi profesi (2) indikator kompetensi birokrasi: integritas, kerja sama, etos kerja, kepemimpinan, keterampilan teknis. (3) indikator kinerja pegawai: fasilitasi, koordinasi, pembinaan dan pengawasan..

Tipe Penelitian:Studi Empiris.

Published
2019-05-28
How to Cite
Sudarman, E. (2019). Pengaruh Profesionalisme Dan Kompetensi Birokrasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Karawang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 826 - 836. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.269
Section
Articles