Analisis Pemahaman Akuntansi Dasar Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE STEMBI Bandung

  • Susilawati Susilawati Program Studi Akuntansi STIE STEMBI Bandung
  • Tine Ivana Gellia Program Studi Akuntansi STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pemahaman, Akuntansi, Akuntansi Dasar

Abstract

Tujuan_Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman akuntansi dasar pada mahasiswa jurusan akuntansi di STIE STEMBI Bandung dengan mengunakan variabel dasar-dasar akuntansi yaitu aset, hutang, ekuitas/modal, pendapatan dan beban.

Desain/Metode_Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner dengan responden penelitian adalah mahasiswa jurusan akuntansi di STIE STEMBI Bandung. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala guttman.

Temuan_Penelitian ini memberikan hasil bahwa mahasiswa jurusan akuntansi di STIE STEMBI memahami dasar akuntansi dengan tingkat pemahaman yang baik Implikasi_Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan jumlah mahasiswa di STIE STEMBI dari tahun ke tahun karena pemahaman akuntansi yang dirasakan oleh mahasiswa dapat dijadikan salah satu indikator mahasiswa nyaman kuliah di STIE STEMBI dan dapat mendukung kualitas lulusan.

Originalitas_Penelitian dengan menggunakan variabel dasar-dasar akuntansi ini belum pernah dilakukan di STIE STEMBI Bandung.

Tipe Penelitian_Studi Empiris pada mahasiswa jurusan akuntansi STIE STEMBI Bandung.

Published
2019-03-23
How to Cite
Susilawati, S., & Gellia, T. (2019). Analisis Pemahaman Akuntansi Dasar Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE STEMBI Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 136 - 141. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.27
Section
Articles