Pengaruh Komunikasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Pamong Di Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Karawang

  • Enjang Sudarman Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta
Keywords: komunikasi, kepemimpinan, pembelajaran, kinerja guru

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh  komunikasi  dan kepemimpinan terhadap kinerja guru pamong di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Karawang.

Desain/Metode: menggunakan metode korelasi dan regresi , untuk mencari pengaruh antar variabel yang diteliti yaitu; variabel independen komunikasi  (X1 ) dan kepemimpinan (X2 ) terhadap variabel dependen kinerja guru pamong (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah guru pamong sebanyak 36 orang dari total sampel. Sumber data primer diambil menggunakan kuesioner / instrumen:  varibel komuniksi,   variabel kepemimpinan, dan  variabel kinerja guru pamong. Analisis data menggunakan Statistik inferensial dengan SPSS versi:22.

Temuan : terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara komunikasi  dan kepemimpinan  terhadap kinerja guru pamong (F hitung = 359, 212, p < 0,000). 

Implikasi: (1) kemampuan komunikasi dalam proses pembelajaran di kelas untuk memahami keadaan siswa, menghargai berbagai pandangan, nyaman dan sehat dalam diskusi. (2) Komunikasi dalam proses pembelajaran disarankan dengan menggunakan gaya asertif yang akan lebih efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) kepemimpinan dalam proses pembelajaran dengan mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kecerdasan rendah, menengah dan tinggi untuk membuat proses diskusi menjadi lebih efektif.

Originalitas: (1) indikator komunikasi :  agresif, manipulative, pasif dan asertif, (2) indikator kepemimpinn: working with adult, communication skill. collaboration team. knowledge of content and pedagogy. (3) indikator kinerja guru pamong: perencanaan program,  pelaksanaan,   pengendalian mutu, dan pelaporan.

Tipe Penelitian:Studi Empiris.

Published
2018-02-27
How to Cite
Sudarman, E. (2018). Pengaruh Komunikasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Pamong Di Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Karawang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (1), 848 - 859. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.271
Section
Articles