Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Bandung

  • O. Feriyanto STIE STEMBI Bandung
  • Sugiono S STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pengetahuan pajak, kesadaran wajib pajak, terhadap kepatuhan wajib pajak

Abstract

Tujuan_ Untuk mengetahui apakah pengaruh pengetahuan pajak, kesadaran wajib pajak, berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Bandung.
Desain/Metode_ Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara insidental sampling dengan 100 responden dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda.
Temuan_Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa variabel pengetahuan pajak t hitung 3,422 > 1.984 t tabel dan nilai sig 0,000. Sedangkan untuk variabel kesadaran wajib pajak t hitung 3,628 > 1.984 dan nilai sig 0,00. Maka Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel penegtahuan pajak dan kesadaran  wajib pajak, berpengaruh positip dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor di bandung.Sedangkan dari hasil uji F diketahui f hitung 19,985 > f tabel 3.09 dan sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian secara keseluruhan pengetahuan pajak, dan kesadaran wajib pajak bepengaruh signifikan terhadapa kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor.
Implikasi_ Berdasarkan hasil analisis maka pengetahuan pajak,kesadaran wajib pajak berpengaruh positif pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Bandung.
Originalitas_Penelitian ini fokus pada wajib pajak kendaraan bermotor di Bandung.
Tipe Penelitian__Studi Empiris

Published
2022-01-30
How to Cite
Feriyanto, O., & S, S. (2022). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 144-163. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.287
Section
Articles