Pengendalian Internal Piutang Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Bmt Barrah Cimahi

  • Ummi Shiroh Aqomadin STIE STEMBI Bandung
  • Meilani Purwanti STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pengendalian Internal, Piutang, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan

Abstract

Tujuan_Untuk mengetahui apakah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Barrah Cimahi sudah melakukan pengendalian internal piutang dengan baik atau belum.
Desain/Metode_Metode yang digunakan kualitatif, jenis penelitiannya Deskriptif, unit analisisnya adalah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Barrah Cimah, pendekatan yang digunakan induktif, sumber data yaitu informan dan dokumen, dan teknik pengumpulan data observasi langsung, studi pustaka, wawancara.
Temuan_ Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Barrah Cimahi dalam pemberian nomor urut tercetak belum diterapkan sepenuhnya seperti pada formulir penutupan rekening dan formulir pendaftaran dimana hal ini menyulitkan pencarian dokumen tersebut jika suatu waktu diperlukan
Implikasi_Berdasarkan hasi penelitian tersebut menunjukkan, bahwa pengendalian internal piutang pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Barrah Cimahi sudah cukup baik, hal ini ditandai dengan penerapan SOP (standart operating procedures) yang dilakukan dengan baik oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya.
Originalitas_Penelitian ini dilakukan kepada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Barrah Cimahi.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2022-01-30
How to Cite
Aqomadin, U., & Purwanti, M. (2022). Pengendalian Internal Piutang Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Bmt Barrah Cimahi. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 164-172. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.288
Section
Articles