Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bandung Cicadas

  • Aceng Kurniawan STIE STEMBI Bandung
  • Wanda Choirunisa STIE STEMBI Bandung
Keywords: Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Tujuan_Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Cicadas.
Desain/Metode_Pendekatan kuantitatif, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Cicadas, sample ditentukan dengan menggunakan rumus slovin terdapat sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi.
Temuan_Terdapat pengaruh positif signifikan kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandug Cicadas.
Implikasi_ Meningkatnya kesadaran wajib pajak akan penghasilan kena pajak dapat berdampak positif terhadap kepatuhan wajib pajak, begitu juga dengan pemahaman penyampaian SPT yang berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. maka petugas pajak di KPP Pratama Bandung Cicadas diharapkan dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan karena semakin tinggi kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan akan semakin tinggi juga kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Bandung Cicadas.
Originalitas_ Penyebaran kuesioner menggunakan Google Form.
Tipe Penelitian_ Studi empiris.

Published
2022-01-30
How to Cite
Kurniawan, A., & Choirunisa, W. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bandung Cicadas. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 174-188. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.289
Section
Articles