Analisis Metode Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Barang Pada PT. AGRO JABAR

  • Rani Nuraeni Program Studi Akuntansi STIE STEMBI Bandung
  • Kuswari Kuswari Program Studi Akuntansi STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pencatatan Persediaan, Penilaian Persediaan, PSAK No. 11

Abstract

Tujuan penelitian_ini adalah untuk mengetahui metode-metode apakah yang digunakan PT Agro Jabar dalam pencatatan dan penilaian persediaan barang.

Desain/Metode_Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menjelaskan metode apa yang digunakan dalam pencatatan dan penilaian persediaan barang PT Agro Jabar dengan cara observasi dan wawancara secara langsung.

Temuan_ Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pencatatan dan penilaian persediaan di temukan permasalahan yang menyebabkan pencatatan dengan fisik barang selisih, ini dikarenakan adanya barang keluar yang tidak dimasukkan sebagai penjualan dan dikarenakan prosedur kerja yang belum sesuai dengan yang seharusnya.

Impikasi_Selisih antara pencatatan dan fisik barang menyebabkan diharuskannya dilakukan jurnal penyesuaian setiap periode supaya pencatatan dan fisik barang sesuai.

Originalitas_Fokus penelitian ini pada pencatatan dan penialain persediaan barang PT Agro Jabar tahun 2018.

Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-03-23
How to Cite
Nuraeni, R., & Kuswari, K. (2019). Analisis Metode Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Barang Pada PT. AGRO JABAR. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 153 - 161. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.29
Section
Articles