Pajak Hiburan, Pajak Restoran, PBB dan Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung

  • Susilawati . STIE STEMBI Bandung
  • Dea Hasiah STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pajak Hiburan, Pajak Restoran, PBB, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Tujuan_penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pajak hiburan, pajak restoran dan PBB pada pendapatan asli daerah Kota Bandung.
Desain/Metode_penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder yaitu data pajak hiburan, pajak restoran dan PBB selama tahun 2015 sampai dengan 2019.
Temuan_Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ditemukan bahwa pajak restoran, pajak hiburan dan PBB berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan asli daerah Kota Bandung. Begitu pula pengaruh masing-masing pajak secara parsial, kecuali pajak restoran tidak signifikan.
Implikasi_penelitian ini memberikan implikasi secara teoritis bahwa semakin meningkatnya pajak hiburan, pajak restoran dan PBB akan meningkatkan pendapatan asli daerah dan semakin menurunnya pajak hiburan, pajak restoran dan PBB akan menurunkan pendapatan asli daerah. Sedangkan implikasi secara praktis bahwa pemerintah perlu memberikan pemahaman yang lebih baik kepada wajib pajak agar pembayaran pajak dapat dilaksanakan secara optimal. Berdasarkan hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya pendapatan asli daerah dan pemerintah daerah
khususnya lebih mampu dalam mengembangkan daerahnya.
Originalitas_penelitian dengan variabel pajak hiburan, pajak restoran dan PBB terhadap PAD dengan data tahun 2015-2019 belum pernah dilakukan sebelumnya.
Tipe penelitian_studi empiris

Published
2022-01-30
How to Cite
., S., & Hasiah, D. (2022). Pajak Hiburan, Pajak Restoran, PBB dan Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 189-196. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.290
Section
Articles