Analisa Kebijakan Piutang Usaha pada CV. Liveindo Arya Utama

  • Muhammad Agus Saputra STIE STEMBI Bandung
Keywords: Analisa Kebijakan Piutang, Piutang Usaha, Perputaran Piutang

Abstract

Tujuan_Analisis kebijakan piutang usaha membutuhkan suatu prosedur yang efektif untuk menghasilkan suatu target pendapatan perusahaan. Analisis kebijakan piutang ini merupakan salah satu cabang ilmu dari manajemen keuangan. Untuk mencapai target penjualan barang dan jasa. CV Lievindo Arya Utama merupakan perusahaan yang menetapkan penjualan dengan sitem kredit yang artinya pembayaran dilakukan setelah transaksi terjadi.
Desain/Metode_ Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi hasil riset.
Temuan_ Dari penelitian yang dilakukan pada CV Liveindo Arya Utama diperoleh hasil mengenai analisis piutang usaha perusahaan dengan targer pencapaian 50% dengan beberapa faktor interpretasi masalah, baik kendala dari sisi internal maupun sisi ekternal.
Implikasi_Kebijakan piutang merupakan kebijakan internal yang bisa dikendalikan oleh manajer keuangan. Kebijakan kredit bisa dilihat sebagai trade-off antara peningkatan keuntungan dan peningkatan biaya yang berkaitan dengan piutang dagang. Peningkatan keuntungan diperoleh dari peningkatan penjualan
Originalitas_ Peningkatan biaya bisa terjadi antara lain melalui peningkatan biaya investasi, peningkatan risiko piutang tidak terbayar dan peningkatan potongan kas. Kendala tersebut dapat diatasi salah satu caranya dengan evaluasi alternatif pemecahan masalah. Dari cara tersebut untuk dapat meningkatkan hasil target piutang yang lebih baik untuk menjadi pendapatan bagi perusahaan.
Tipe Penelitian_ Kualitatif deskriptif

Published
2022-01-30
How to Cite
Saputra, M. (2022). Analisa Kebijakan Piutang Usaha pada CV. Liveindo Arya Utama. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 197-207. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.291
Section
Articles