Analisis Penyebab Ketidakpuasan Konsumen Circle K
Abstract
Tujuan_tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya ketidakpuasan konsumen di Circle K, untuk mengetahui dampak atau akibat dari ketidakpuasan konsumen.
Desain/Metode_Peneliian ini dilakukan di Circle K, jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif, dengan metode pendekatan yang di gunakan deduktif, informan penelitian ini adalah konsumen dan kepala toko Circle K. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi langsung dan wawncara di lapangan, jenis data yang digunakan adalah data primer yang di peroleh langsung dari objek penelitian, sedangkan metode analisis yang di gunakan adalah metode deskriptif yang di lakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri.
Temuan_Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa kualitas pelayanan terhadap konsumen di Circle K sangat buruk , hal ini dapat di lihat dari kualitas pelayan yang tidak baik yang diberikan oleh Karyawan Circle K. Dampaknya pun bagi perusahaan sangatlah jelas terlihat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya konsumen yang enggan melakukan transaksi pembelian dan menambah citra buruk bagi perusahaan, dengan berkurangnya penjualan, maka perusahaan tersebut akan kesulitan dalam mendapatkan pelanggan baru karena kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya akan menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan.
Implikasi_Saran bagi Circle K harus lebih baik lagi dalam meningkatkan kualitas pelayananya, karena jika pelayananya baik akan berdampak baik juga terhadap perusahaan, maka dari itu Circle K tidak akan merasa kesulitan untuk mempertahankan konsumen dan mendapatkan pelanggan baru. Di harapakan penelitian ini dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu manajemen pemasaran, di bidang ilmu pemasaran.
Originalitas_penelitian ini merupakan satu-satunya penelitian mengenai ketidakpuasan konsumen di Circle K.
Tipe khususnya Penelitian_Studi Empiris.