Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan

  • Ratna Ekawati STIE STEMBI Bandung
  • Nada Nurhalimah STIE STEMBI Bandung
Keywords: Kualitas pelayanan, BPJS kesehatan, non BPJS kesehatan

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan menurut persepsi peserta BPJS kesehatan, mengetahui tingkat kualitas pelayanan menurut persepsi non BPJS kesehatan, dan mengetahui tingkat perbedaan kualitas pelayanan bagi peserta BPJS kesehatan dan non BPJS kesehatan.
Desain/ Metode_Dengan jenis penelitian deskriptif, populasi sampel ditentukan dengan menggunakan rumus iterasi yaitu 86 responden, analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Dilakukan juga uji validitas dan uji reliabilitas.
Temuan_Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan pada pasien peserta BPJS kesehatan dan non BPJS kesehatan pada salah satu pusat kesehatan masyarakat di kota Bandung sangat baik dan tidak terdapat perbedaan persepsi kualitas pelayanan antara, bagi peserta BPJS kesehatan dan non BPJS kesehatan.
Implikasi_Pada salah satu pusat kesehatan masyarakat atau fasilitas tingkat pertama di kota Bandung ini harus mempertahankan kualitas pelayanan berupa bukti fisik, ketanggapan, dan jaminan. Sedangkan, untuk kualitas pelayanan berupa kehandalan dan empati atau perhatian masih harus ditingkatkan.
Originalitas_Mengenai, penelitian tentang kualitas pelayanan bagi peserta BPJS kesehatan dan non BPJS kesehatan pada salah satu pusat kesehatan masyarakat atau fasilitas tingkat pertama di kota Bandung baru pertama kali dilakukan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2022-02-04
How to Cite
Ekawati, R., & Nurhalimah, N. (2022). Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 483-494. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.317
Section
Articles