Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Karakteristik Pekerjaan Melalui Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi kasus di PT Dikala Terbit Berdua)

  • Gema Cania Manggara STIE STEMBI Bandung
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Karakteristik Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelasakan (1) Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap komitmen Organisasi; (2) Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja; (3) Karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional; (4) Karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja; (5) Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja; (6) Komitmen Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Responden penelitian ini adalah 40 karyawan PT. Dikala Terbit Berdua.
Temuan_ . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ditemukanya pengaruh antara Komitmen Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja.
Implikasi_ . Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Karakteristik Perkerjaan dengan Kepuasan kerja; Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasi; Tidak menemukan pengaruh dari Gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen Organisasi, namun Kepemimpinan Transformasional memiliki hubungan tidak langsung negative dengan Komitmen organisasi dan Kinerja; Hasil Analisa menemukan pengaruh positif yang signifikan dari Kepuasan terhadap Kinerja, namun memiliki hubungan langsung yang negatif dan tidak langsung yang positif terhadap; Komitmen Organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja. Juga tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung dan memiliki pengaruh positif tidak langsung terhadap kinerja.
Originalitas_ Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis pada Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Pekerjaan melalui Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Dikala Terbit Berdua dengan menggunakan pengisian kuesioner yang dilakukan seluruh responden secara individu sebagai sampel penelitian.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2022-02-04
How to Cite
Manggara, G. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Karakteristik Pekerjaan Melalui Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi kasus di PT Dikala Terbit Berdua). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 547-569. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.321
Section
Articles