Pengaruh Perbincangan Dunia Maya Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Produk Fashion Secara Online

  • Supriyadi . STIE STEMBI Bandung
  • Sarip Hidayatulloh STIE STEMBI Bandung
Keywords: perbincangan elektronik, e-wom, gaya hidup, perilaku belanja online

Abstract

Tujuan: Tujuan penelitian yang dilakukan ini bermaksud untuk mengungkap pengaruh dari perbincangan dunia maya dan gaya hidup terhadap perilaku belanja produk fashion secara online dari penduduk kota Bandung baik secara parsial maupun secara simultan.
Metode/Desain: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan unit analisis konsumen online dengan jumlah sample yang ditentukan dengan menggunakan metode iterasi dengan jumlah minimal sample 115 orang. Analisi menggunakan regresi linier berganda.
Temuan: Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa perbincangan dunia maya dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap perilaku belanja online produk fashion di Kota Bandung dengan persentasi total sebesar 40,7% sedangkan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Secara parsial perbincangan dunia maya tidak berpengaruh terhadap perilaku belanja produk fashion secara online dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku belanja produk fashion secara online.
Implikasi: Untuk meningkatkan perilaku belanja produk fashion maka harus perusahaan harus memilih segmen pelanggan yang memiliki gaya hidup yang tinggi.
Originalitas: Dalam penelitian ini menggunakan google form sebagi media penyebaran kuisioner dan menggunakan aplikasi SPSS versi 23 untuk mengolah data hasil kuisioner.
Tipe penelitian: Studi Empiris

Published
2022-02-04
How to Cite
., S., & Hidayatulloh, S. (2022). Pengaruh Perbincangan Dunia Maya Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Produk Fashion Secara Online. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 672-682. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.330
Section
Articles