Kontribusi Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Burnout Perawat Kesehatan di RSUD Muara Labuh

  • Vidya Aljunianti STIE STEMBI Bandung
Keywords: Dukungan Sosial Keluarga, Burnout

Abstract

Tujuan_penelitian ini bertujuan [1] untuk menganalisis pengaruh dukungan social keluarga terhadap burnout perawat kesehatan di RSUD Muara Labuh secara simultan. [2] untuk menganalisis pengaruh dukungan social keluarga terhadap burnout perawat kesehatan di RSUD Muara Labuh secara parsial.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sample penelitian ini menggunakan teknik sample jenuh dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner.
Temuan_Secara simultan, dukungan social keluarga berpengaruh signifikan terhadap burnout perawat sebesar 77%, sedangkan sisanya 23% di pengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial, dukungan social keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap burnout perawat. Artinya jika dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informative ditingkatkan secara parsial, maka tingkat burnout perawat akan semakin rendah.
Implikasi_Penelitian ini memberikan implimentasi praktik bagi RSUD Muara Labuah dengan meningkatkan dukungan social keluarga maka tingkat burnout perawat akan menurun.
Originalitas_penelitian mengenai peningkatan dukungan social keluarga dan burnout perawat di RSUD Muara Labuah baru pertama kali dilakukan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2022-02-04
How to Cite
Aljunianti, V. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Burnout Perawat Kesehatan di RSUD Muara Labuh. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 763-774. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.336
Section
Articles