Pengaruh Rasio Likuiditas Dan Rasio Leverage Terhadap Laba Perusahaan

  • Eka Purwanda STIE STEMBI Bandung
  • Putri Mariah Ulfah STIE STEMBI Bandung
Keywords: Current Ratio, Debt to Asset Ratio,, Return on Asset

Abstract

Tujuan_Untuk mengetahui pengaruh Rasio Likuiditas (Current Ratio) terhadap Return On Asset, dan pengaruh Rasio Leverage (Debt to Asset Ratio) terhadap Return On Asset pada perusahaan Kontruksi yang teregister di BEI pada 2015-2018.
Desain/Metode_Data yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan Konstruksi selama 4 tahun (2015-2018) dengan jumlah 12 perusahaan, sehingga diperoleh n=48. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Temuan_Pengaruh Current Ratio terhadap Return on Asset adalah signifikan positif, kemudian pengaruh Debt to Asset Ratio terhadap Return on Asset adalah signifikan positif.
Implikasi_Berdasarkan penelitian ini terdapat implikasi bagi perusahaan bahwa semakin besar rasio CR maka semakin besar pula nilai ROA, dan semakin besar rasio DAR maka semakin besar juga nilai ROA.
Originalitas_Penelitian tentang hubungan CR dan DAR terhadap ROA pada perusahaan Konstruksi yang terdaftar di BEI belum pernah dilakukan penelitian hingga 2018.
Tipe Penelitian_Asosiatif Verifikatif

Published
2022-02-04
How to Cite
Purwanda, E., & Ulfah, P. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas Dan Rasio Leverage Terhadap Laba Perusahaan. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (3), 865-878. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.347
Section
Articles