Analisis Pengelolaan Penerimaan Retribusi Pelayanan di Klinik BRHC Majalaya
Abstract
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana prosedur penerimaan retribusi pelayanan di Klinik serta kemana saja penyaluran retribusi pelayanan tersebut setelah dilakukan proses pencatatan dan pelaporan.
Desain/Metode_Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah teknik wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi.
Temuan_Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan penerimaan retribusi pelayanan di Klinik BRHC Majalaya belum sepenuhnya menerapkan pencatatan keuangan yang sesuai dengan sistem akuntansi yang berlaku di Indonesia.
Implikasi_Hasil Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Klinik BRHCMajalaya perihal tata kelola retribusi pelayanan maupun pencatatan administrasi lainnya.
Originalitas_Peneliti lebih memfokuskan untuk memperbaiki pencatatan retribusi pelayanan di Klinik BRHC Majalaya melalui penerapan SAK EMKM.
Tipe Penelitian_Studi Literatur