Analisis Pengelolaan Penerimaan Retribusi Pelayanan di Klinik BRHC Majalaya

  • Aceng Kurniawan STIE STEMBI Bandung
  • Mega Ayu Amalia Sudrajat STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pengelolaan Retribusi Pelayanan, Penyaluran Retribusi Pelayanan, Klinik

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana prosedur penerimaan retribusi pelayanan di Klinik serta kemana saja penyaluran retribusi pelayanan tersebut setelah dilakukan proses pencatatan dan pelaporan.
Desain/Metode_Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah teknik wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi.
Temuan_Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan penerimaan retribusi pelayanan di Klinik BRHC Majalaya belum sepenuhnya menerapkan pencatatan keuangan yang sesuai dengan sistem akuntansi yang berlaku di Indonesia.
Implikasi_Hasil Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Klinik BRHCMajalaya perihal tata kelola retribusi pelayanan maupun pencatatan administrasi lainnya.
Originalitas_Peneliti lebih memfokuskan untuk memperbaiki pencatatan retribusi pelayanan di Klinik BRHC Majalaya melalui penerapan SAK EMKM.
Tipe Penelitian_Studi Literatur

Published
2022-03-16
How to Cite
Kurniawan, A., & Sudrajat, M. (2022). Analisis Pengelolaan Penerimaan Retribusi Pelayanan di Klinik BRHC Majalaya. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 85-91. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.360
Section
Articles