Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Menggunakan Jasa Konsultan Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Pengguna Jasa Kantor Konsultan Pajak Vincentius Darmasi Tansuri)

  • Gunawan . STIE STEMBI Bandung
  • Ismawati . STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pajak, Wajib Pajak, Konsultasi Pajak

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi wajib pajak menggunakan jasa konsultan pajak Vincentius Darmasi Tansuri. Untuk mengetahui mengapa para wajib pajak memilih menggunakan jasa konsultan pajak Vincentius Darmasi Tansuri.
Desain/Metode_Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif, informan berjumlah 10 orang yang terdiri dari 3 wajib pajak badan, 2 wajib pajak orang pribadi dan 5 orang karyawan KKP Vincentius Darmasi Tansuri, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Temuan_Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang membuat para wajib pajak memilih menggunakan jasa konsultan pajak Vincentius Darmasi Tansuri adalah kurangnya pemahaman mengenai berbagai perhitungan perpajakan, banyaknya peraturan perpajakan yang rumit dan sering berubah, karena kantor konsultan pajak
Vincentius Darmasi Tansuri adalah jasa konsultan pajak tipe honest consultant, serta nasihat/saran konsultan pajak Vincentius Darmasi Tansuri yang bersifat konservatif bukan nasihat/saran yang agresif. Maka dari itu para wajib pajak memilih menggunakan jasa konsultan pajak Vincentius Darmasi Tansuri.
Implikasi_Jika wajib pajak menggunakan jasa konsultan pajak dalam memenuhi hak dan kewajibannya, maka segala hak dan kewajiban perpajakan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien tanpa adanya hampatan dan kendala.
Originalitas_Penelitian ini dilakukan kepada wajib pajak dan karyawan kantor konsultan pajak Vincentius Darmasi Tansuri.
Tipe Penelitian_Tipe penelitian yang digunakan adalah studi kasus.

Published
2022-03-16
How to Cite
., G., & ., I. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Menggunakan Jasa Konsultan Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Pengguna Jasa Kantor Konsultan Pajak Vincentius Darmasi Tansuri). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 92-98. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.361
Section
Articles