Penerapan Metode EOQ (Economic Order Quantity) dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada CV Anugerah

  • Aceng Kurniawan
  • Debbi Yolanda Valentina STIE STEMBI Bandung
Keywords: Pengendalian Persediaan, Bahan Baku, Economic Order Quantity (EOQ)

Abstract

Tujuan_ Untuk mengetahui apakah yang menyebabkan perusahaan belum menerapkan metode EOQ, untuk mengetahui perhitungan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku menggunakan metode EOQ, dan alur penerapan metode EOQ dalam pengendalian persediaan bahan baku di perusahaan.
Desain/Metode_Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif untuk menjabarkan lebih detail masalah dari perusahaan ini.
Temuan_ Selama beroperasinya perusahaan ini yaitu kurang lebih sepuluh tahun, perusahaan ini tidak pernah menggunakan metode persediaan dalam proses pengendalian persediaan sehingga hal ini akan menimbulkan suatu masalah yang berdampak pada kerugian di perusahaan.
Implikasi_ Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kegunaan baik untuk pengembangan ilmu maupun untuk pengendalian persediaan bahan baku di perusahaan.
Originalitas_Penulis lebih memfokuskan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan sebagai pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pengendalian persediaan bahan baku dimasa yang akan datang.
Tipe Penelitian_Tipe penelitian yang dilakukan adalah penelitian berdasarkan pada Studi Empiris.

Published
2022-03-16
How to Cite
Kurniawan, A., & Valentina, D. (2022). Penerapan Metode EOQ (Economic Order Quantity) dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada CV Anugerah. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 124-133. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.365
Section
Articles