Proses Audit Oleh KAP.HARTMAN,SE,AK,MM,CA,CPA Atas Siklus Pendapatan dan Piutang di PT. MUJU Tahun 2020

  • Winda Rusmala Ningsih STIE STEMBI Bandung
  • Meilani Purwanti STIE STEMBI Bandung
Keywords: Proses Audit, Piutang, Pendapatan

Abstract

Tujuan_Proses audit siklus pendapatan dan pengumpulan piutang PT.MUJU menjadi daya tarik untuk menjadikan PT. MUJU sebagai objek penulisan laporan ini. Disamping itu, laporan keuangan PT. MUJU menjadi perhatian auditor karena nilai pendapatan yang meningkat dalam masa pandemi covid-19,
dibuktikan dengan peningkatan nilai pendapatan dari tahun 2018 hingga tahun 2020
Desain/Metode_Metode analisis data yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif: menggambarkan dan menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas dan tidak didasarkan perhitungan statistika yang berbentuk kuantitatif (Jumlah).
Temuan_Pada siklus Pendapatan dan pengumpulan piutang terdapat 5 kelompok transaksi yaitu penjualan (tunai dan kredit), penerimaan kas, retur dan potongan penjualan, penghapusan piutang tak tertagih dan penaksiran kerugian piutang.
Implikasi_Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan Proses Audit Oleh KAP.HARTMAN,SE,AK,MM,CA,CPA atas Siklus Pendapatan dan Piutang di PT.Mitra Usaha Jaya Utama (PT.MUJU) tahun 2020 dan menjadi bahan masukan bagi perusahaan.
Originalitas_Penelitian ini dilakukan dengan cara langsung mengamati proses di lapangan dan ikut serta pada sebagian tahapan prosedur audit yang dilakukan sehingga originalitas laporan ini dapat di pertanggungjawabkan.
Tipe Penelitian_Studi Empiri

Published
2022-03-16
How to Cite
Ningsih, W., & Purwanti, M. (2022). Proses Audit Oleh KAP.HARTMAN,SE,AK,MM,CA,CPA Atas Siklus Pendapatan dan Piutang di PT. MUJU Tahun 2020. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 252-266. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.380
Section
Articles