Identifikasi Berkurangnya Minat Masyarakat Menjadi Peserta JKN (BPJS)
Abstract
Tujuan penelitian_ Mengetahui permasalahan yang menjadi penyebab
kurangnya minat masyarakat menjadi peserta JKN Desain/Metode_ Kualitatif dengan menggunakan pendekatan deduktif dan responden sebagai sumber data dan teknik pengumpulan data melalui cara wawancara.
Tipe penelitian_ Studi kasus
Temuan_ Permasalahan di lapangan ketika masyarakat berobat menggunakan fasilitas JKN di fasilitas kesehatan mendapatkan pelayanan yang kurang baik dan tidak maskimal sehingga tidak sesuai harapan dan dengan adanya kenaikan premi iuran rutin yang menjadi beban masyakat tetapi tidak sebanding dengan pelayanan yang didapatkan oleh masyarakat.
Implikasi_Minat masyarakat terhadap BPJS harus dibangun melalui fasilitas
pelayanan yang baik
Orisinilitas_Penelitian ini dilakukan pada kosumen langsung di Indonesia
dan belum ada penelitian sejenis dari negara lain untuk dibandingkan