Identifikasi Berkurangnya Minat Masyarakat Menjadi Peserta JKN (BPJS)

  • Eka Purwanda STIE STEMBI Bandung
  • Wilman Larest Manuel Manopo STIE STEMBI Bandung
  • Hady Sofyan STT Wastukancana
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Peserta, Minat Masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian_ Mengetahui permasalahan yang menjadi penyebab
kurangnya minat masyarakat menjadi peserta JKN Desain/Metode_ Kualitatif dengan menggunakan pendekatan deduktif dan responden sebagai sumber data dan teknik pengumpulan data melalui cara wawancara.
Tipe penelitian_ Studi kasus
Temuan_ Permasalahan di lapangan ketika masyarakat berobat menggunakan fasilitas JKN di fasilitas kesehatan mendapatkan pelayanan yang kurang baik dan tidak maskimal sehingga tidak sesuai harapan dan dengan adanya kenaikan premi iuran rutin yang menjadi beban masyakat tetapi tidak sebanding dengan pelayanan yang didapatkan oleh masyarakat.
Implikasi_Minat masyarakat terhadap BPJS harus dibangun melalui fasilitas
pelayanan yang baik
Orisinilitas_Penelitian ini dilakukan pada kosumen langsung di Indonesia
dan belum ada penelitian sejenis dari negara lain untuk dibandingkan

Published
2022-03-17
How to Cite
Purwanda, E., Manopo, W., & Sofyan, H. (2022). Identifikasi Berkurangnya Minat Masyarakat Menjadi Peserta JKN (BPJS). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 315-320. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.385
Section
Articles