Analisis Penerapan Bauran Pemasaran pada CV Besic Gitar Banjaran

  • Ridwan Gunawan STIE STEMBI Bandung
  • Ageng Saepudin Kanda S STIE STEMBI Bandung
Keywords: Bauran Pemasaran, 4P, Cv Besic Banjaran

Abstract

Tujuan_ Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh Cv Besic Banjaran.
Desain/Metode_ Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat induktif, untuk hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada metode kualitatif adalah interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi.
Temuan_Adapun hasil temuan yang diperoleh, secara umum Cv Besic ini mengalami penurunan penjualan dari tahun ke tahun. Tahun 2018 tingkat penjualan mencapai 902 unit gitar, lalu tahun 2019 tingkat penjualan mencapai 846 unit gitar, terjadi penurunan penjualan dan pada tahun 2020 penjualan mencapai 843 unit, atau kembali menurun. Kondisi ini di alami oleh Cv Besic karena kurangnya penerapan bauran pemasaran.
Implikasi_ faktor yang mempengaruhi volume penjualan tidak berkembang dan
melemah. Faktor utama adalah kurangnya strategi pemasaran yang diterapakan oleh perusahaan dan tingkat persaingan yang semakin sengit pada industri gitar, teknologi atau alat yang digunakan masih tradisional, dan strategi promosi masih menggunakan cara klasik yaitu mulut ke mulut.
Originalitas_ Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Pada Cv Besic Gitar Banjaran
Tipe Penelitian_Studi Empiris/Studi Literatur

Published
2022-03-17
How to Cite
Gunawan, R., & S, A. (2022). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran pada CV Besic Gitar Banjaran. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 354-359. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.390
Section
Articles