Analisis Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan PT. Sicepat Ekspres Cabang Cianjur Selatan
Abstract
Tujuan_Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan PT. SICEPAT EKSPRES cabang Cianjur Selatan dan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan oleh PT. SICEPAT EKSPRES untuk meningkatkan Organizational Citizenship Behavior (OCB).
Desain/Metode_ Pada penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan SiCepat Ekspres cabang Cianjur Selatan dengan jumlah 32 responden menggunkan tenknik sampling sensus/ sampling total.
Temuan_ Berdasarkan hasil analisis deskriptif mengenai tanggapan responden terhadap variabel Organizational Citizenship Behavior Disimpulkan bahwa rata-rata skor 4,15 termasuk dalam kategori baik karena berada pada nilai tafsiran rata-rata skor antara 3,40 – 4,20 dengan kategori baik pada garis kontinum. Hasil tabulasi pada setiap indikator jawaban karyawan mengenai Organizational Citizenship Behavior berada dalam kategori baik.
Implikasi_ PT. SICEPAT EKSPRES cabang Cianjur Selatan penting memiliki tingkat OCB yang tinggi, dikarenakan OCB karyawan yang tinggi akan mempengaruhi kinerja perusahaan sehingga lebih baik dalam melayani customer.
Originalitas_penyeberan kuesioner kepada karyawan SiCepat Ekspres cabang Cianjur Selatan
Tipe Penelitian_Studi Empiris