Analisis Kesulitan Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 (Survei pada Siswa Kelas IX A SMP XX Kab Bandung)
Abstract
Tujuan_ menganalisis kesulitan siswa dalama melaksanakan pembelajaran secara daring dan luring berdasarkan data yang didapat dari hasil wawancara dan observasi pada kelas IX A SMP XX Kabupaten Bandung.
Desain/Metode_metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan jenis data kualitatif dengan menganalisis kesulitan saat pembelajaran daring dan luring, wawancara dilakukan dengan Guru dan Siswa kelas IX A SMP XX Kabupaten Bandung.
Temuan_kesulitan saat pebelajaran daring siswa sulit memahami materi yang sudah diberikan oleh guru, jaringan internet yang tidak stabil, orangtua yang tidak bisa mendampingi anaknya saat pembelajaran daring berlangsung dan siswa merasa bosan saat pembelajaran daring. Kesulitan saat pembelajaran luring kurangnya durasi pembelajaran dan pemaparan materi yang terlalui cepat.
Implikasi_ memanfaatkan aplikasi pemebelajaran daring yang lain akan mempengaruhi aktivitas pembelajaran siswa dan dapat melengkapi kekurangan pada saat pembelajaran luring berlangsung
Originalitas_penulis melakukan analisis kesulitan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring dan luring dalam penelitian ini melakukan wawancara dengan Guru dan Siswa kelas IX A SMP XX Kabupaten Bandung
Tipe Penelitian_Studi Empiris