Sudah Profesionalkah Auditor Internal Pada Perusahaan Manufaktur PT Eksonindo Multy Product Industry

  • Ita Suryanita
  • Wiwin Wintarsih
Keywords: Profesionalitas, Auditor Internal, Manufaktur

Abstract

TujuanPenelitian _ Penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria seseorang agar menjadi auditor internal, posisi seorang auditor internal dalam struktur perusahaan, cara seorang auditor internal dalam rangka meningkatkan profesionalisme,  alasan dibutuhkannya seorang auditor internal yang profesional, dan cara seorang auditor internal agar dapat bersikap profesional.

Desain / Metode_ Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus (objek) dan bersifat Deskriftif.

Temuan_ Pada penelitian ini penulis menemukan beberapa temuan diantaranya rotasi secara periodik seorang auditor internal ada PT Ekson indo belum dilaksanakan secara maksimal, karena diantara team auditor internal hanya beberapa saja yang telah dirotasi secara periodik, sedangkan yang lainya tidak.

Implikasi_Pada penelitian ini adalah untuk memberikan arahan kepada auditor internal di PT Eksonindo agar mengetahui bahwa rotasi secara periodik itu perlu dilakukan dan untuk memberikan masukan tentang keprofesionalitasan seorang auditor dibidangnya.

Originalitas_Pada penelitian ini untuk standarnya berdasarkan SOP Perusahaan yang terdiri dari atas atribut kerja dan kinerja. Untuk Sertifikasi yang sudah diikuti adalah ISO 9001:2015 dan belum pernah ada penelitian sebelumnya di PT Eksonindo.

Tipe Penelitian_  Studi empiris.

Published
2019-03-27
How to Cite
Suryanita, I., & Wintarsih, W. (2019). Sudah Profesionalkah Auditor Internal Pada Perusahaan Manufaktur PT Eksonindo Multy Product Industry. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 234 - 250. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.40
Section
Articles