Faktor-faktor Pembentuk Komitmen Organisasi
Abstract
Tujuan_Untuk mengetahui konsep komitmen organisasi. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi.
Desain/Metode_ Pada penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode studi Literatur dengan pendekatan deskriptif.
Temuan_Konsep komitmen organisasi berdasarkan tiga literature, Pendekatan keperilakuan atau penukaran, Pendekatan atitudinal atau psikologikal, Pendekatan normatif, Pendekatan multidimensi. Pendekatan Sikap (attitudinal approach), Pendekatan Perilaku (behavioral approach), Pendekatan Multidimensi (the multidimensional approach).Komitmen afektif, Komitmen berkelanjutan, Komitmen Normatif. Faktor-faktor pembentuk komitmen organisasi berdasarkan empat literature, Faktor Kesadaran,Faktor aturan, Faktor Organisasi, Faktor Pendapatan, Faktor Kemampuan Keterampilan, Faktor Sarana Pelayanan. nilai-nilai kemanusiaan, komunikasi dua arah yang komprehensif, rasa kebersamaan dan keakraban, visi dan misi organisasi, nilai sebagai dasar perekrutan. Faktor personal,Karakteristik pekerjaan, Karakteristik struktur, Pengalaman kerja. Karakter personal, Karakteristik pekerjaan dan peran, karakteristik strukturan organisasi, Pengalaman kerja, Dukungan organisasi. Komitmen afektif, Komitmen berkelanjutan, Komitmen Normatif.
Implikasi_ Faktor – Faktor Pembentuk Komitmen Organisasi menurut beberapa literature di dalam penelitian ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor yang berasal dari diri sendiri, faktor yang berasal dari lingkungan, maupun faktor yang berasal dari organisasi.
Originalitas_Originalitas_pembahasan mengenai Konsep Komitmen Organisasi dan Factor-faktor pembentuk komitmen organisasi menurut beberapa literatur
Tipe Penelitian_Studi Literatur